Jumat, 01 Maret 2013

Selingan dan ucapan terima kasih bagi pihak2 yg sempat bekerjasama dengan Cake Story :) xD

Huihh,,ngga berasa uda setahun lebih sy resign dr tmpat kerja saya yg lama.. Kalo d flash back lagi cepet banget rasanya , mulai dr akhir 2011 sy resign, memang dengan niat mau menjalani usaha sendiri *terjun payung dengan nekatnya tanpa dasar dan pengalaman apa2 tentang kue, cuma dengan rasa cinta sama hias2an kue aja (padahal dlu kalo bikin kue selalu bantet sampai dimarah2in terus sm nykp buang2 telor,ahhahahha..) Tp entah kenapa waktu itu saya bs yakin ya mau keluar kerjaan yg bs dibilang orang2 cukup menjanjikan untuk ke depannya, tp jauh d salam diri saya tau kalau saya tdk mencintai pekerjaan tersebut dan menurut saya pekerjaan itu ngga 'saya banget' deh, hehe..

Sebelumnya saya selalu menganggap diri saya pasti bakal bela2in deh kerja apa aja demi menerima penghasilan yang tinggi, dan saya selalu berusaha melakukan pekerjaan saya apapun itu dengan menggunakan hati, dalam arti sebisa mungkin semaksimal mungkin yg bs sy lakukan,hehe.. Sampe akirnya sy ngerasa dibukain jalan banget bs smp masuk big four,sempet jalanin kerjaan auditor,kenal banyak tmn2 & plg ngga sempet jalan2 bareng lah ke surabaya& banjarmasin (sebenernya c bukan jalan2 tapi dlm rgk kerjaan,tp krn sy terbiasa cm inget yg enak2nya aja,males inget yg susah2nya,bikin cape pikiran, jadilah saya sebut jalan2,ehehhe.. :p) Hal tersebut bner2 bikin sy ngerasa ngedapetin pengalaman berharga selama bekerja, walaupun ternyata pada akirnya sy bener2 ngga kuat menjalani hidup sebagai seorg auditor yg mesti lembur2 mengejar deadline dr perusahaan, sedangkan apa yg saya lemburin tdk saya nikmati, rasanya bener2 berattt bagi saya..

Saat itu sy cm berpikir sbenernya apa ya yang saya kejar dlm pekerjaan yg sy lakuin ini. Karena sy sadar, berhubung sy tdk mencintai pekerjaan sy sebelumnya, tidak ada hasrat untuk mengejar pangkat ataupun status apapun dlm kerjaan tsb. Dalam konteks, walaupun sy mengerjakan apa yg perlu dikerjakan dlm pkerjaan tersebut, tp sebenarnya sy mengerjakannya hanya sebagai kewajiban tanpa ada keingintahuan / rasa penasaran untuk mencari tau lebih lanjut mengenai hal2 yg sy kerjakan saat itu.

Di satu sisi, sejujurnya yg tdk rela sy lepaskan adalah penghasilannya,ehehhe..karena emg sy membutuhkan hal tsb dan sy plg anti untk ngerepotin org tua.Tapi saat itu sy bergumul cukup lama *berbulan2 sy mncoba meminta petunjuk Tuhan bagi hidup saya,apa yg sebaiknya saya pilih, apakah lebih baik sy memilih penghasilan lumayan tetapi tdk menghasilkan apapun bagi org sekitar saya (*yg ada sy jadi marah2,stres sendiri bawaannya,org lain yg kena getahnya) atau lebih baik sy mencai pekerjaan lain yang bisa membuat batin saya lebih tenang dan lebih menghasilkan sesuatu bagi orang lain?

Saat itu entah kenapa, selama masih bekerja dalam lingkup kantoran, rasa kangen saya terhadap kecintaan saya sama kue2 mulai muncul, sy jd lebih suka baca majalah2 kue, lebih senang melihat hasil karya org yg cantik2, dan entah kenapa saat liat2 gambarpun hati saya ikutan semangat jadinya *lebay.com  :D
Tp bneran c, kalau liat gbr2 yg sy senang,semangat sy jd ikut muncul rasanya, kalo ga percaya tny aja ke tmn kerja saya, kalo lg bosen pst kerjaan sy cm liat2 brosur secret recipe *bikin ngiler liat2 gbrnya,wkwkw..

Sampai pada akirnya sy mengambil kputusan dlm diri sy kalau sy lebih memilih pkerjaan lain yg bs membuat batin saya tengan dan tdk menyemprot org lain tentunya krn bwaan sy stress melulu sebelumnya,hehe.. sy memutuskan untuk resign dan mencoba untuk benar2 mendalami cake yg saya senangi ( dlm konteks saat itu sy masih selalu gagal loh kalo bikin kue, jd modal sy berani resign cuman iman percaya sama nekat,ahhaha..)

Kemudian setelah resign sy belajar kursus di dua tempat, yg satu di kelapa gading, Tokyo Imperial cooking school untuk belajar dasar2 kue, yang notabene ternyata di situ sebagian besar adalah kue yg bahan dasarnya cream, dan tempat kursus saya yg satu lagi di Fortuna untuk belajar dasar2 dekorasi buttercream. Perjuangan untuk kursus pun tdk mudah karena sy tgl di daerah jakarta barat daerah puri sedangkan stiap pagi sy hrs jln dr jm 7 pagi untuk bisa sampai ke kelapa gading pk 10 pagi menggunakan ojek,bus dan angkot (pindah 3x dengan lama perjalananan min 2 jam,ahhaa..) dan pulangnya siang sy lanjutkan ke tempat kursus satunya yg ada di harmoni.

Setelah lulus keduanya, saya masih belum berani untuk menjual hasil karya sy, sampai akirnya pertengahan tahun 2012, bulan Mei, sy baru berani mulai menjual bbrp kue2 hasil buatan saya, yg pd saat itu masih kue hiasan std,tanpa hias macem2. Saat itu cupcake emg sedang 'in' banget,tp saking in nya sy kurang minat mencoba jadinya. Sampai pada suatu saat entah bgmn sy pgn cb jg hias2 kue kecil spt cupcake,jadilah sy coba2 bikin bbrp hiasan.ternyata hasilnya cukup menarik juga, sampai bbrp x sy cb buat bbrp kue hias juga dan sy post bgt sj di fb. Eeh tiba2 teman saya menghubungi sy, ternyata dy kerja di groupon dan menawarkan sy untuk bekerja sama. Tadinya sy tidak yakin untuk nerima krn masih kurang yakin, tp berhubung sekarang pekerjaan utama sy memang hny mnjual cake, jadilah saya terima tawaran tersebut untuk bekerja sama.

Semenjak mulai bekerjasama untuk pertama kalinya melalui web groupon, tiba2 byk web lain yg menawarkan hal2 serupa, namun krn sy uda pusing dluan,daripada keteteran dan mengecewakan orang, karena sy masih mengerjakannya hanya sendiri,terkadang dibantu kalau sedang bs mndpt bantuan saja, jadilah yg sy terima hny web tertentu yg memang dulu suka sy ikuti juga saat bekerja di kantor,hehe..
selang beberapa bulan,terakir sy masih krjasama dgn livingsocial, tb2 ada bbrp pihak yg mnhubungi untuk bekerja sama untuk mempromosikan produk saya. Saat itu sy hny berpikir kalau Tuhan bnr2 bekerja dlm hidup saya, krn apa yg tdk sy bygkan tb2 Tuhan menyediakannya dlm hidup sy. Dalam hal ini krn sy bkn tipe org yg bs mempromosikan diri sendiri,namun sptinya Thn membukakan jalan melalui org2 skitar untuk mau bekerja bersama.  Sejauh ini sy berterima kasih kepada beberapa pihak yg membantu mempromosikan produk sy spt groupon, yoyo, livingsocial, harian jurnal nasional dan MncTv yg sempat datang meliput ke rumah jg :) . Saya hny bs berdoa dan terus berusaha mengerjakan apa yg bs sy kerjakan saat ini semoga boleh membawa berkat bagi org2 yg memesannya juga dan boleh membawa kebahagiaan bagi setiap org yg menikmatinya,aminn.. Apabila ada kritik dan saran bole disampaikan secara langsung spy bs jadi perbaikan jg buat saya dan mohon maaf apabila ada customer atau pihak yg sempat kecewa atas pelayanannya krn pengalaman yg blm cukup memadai. Makasih yaa smuanyaa,especially to Jesus.. :) :)

Berikut bbrp sertifikat yg pernah sy terima sehubungan dengan usaha cake ini ( yg tdk berhubungan dsimpen dl aja d rmh ;p)







terharu bgt tmen baekuww dr SD sampe motoin plus ngeditin bginian dahh,ahahha..meyuu..










Tidak ada komentar:

Posting Komentar